Inilah Pantangan saat Haid yang Harus Anda Hindari

Haid Pada Wanita 5

Wanita umumnya akan mengalami siklus haid satu bulan sekali. Saat menstruasi, wanita mengalami perubahan hormon sehingga mood dan nafsu makan umumnya akan cepat berubah. Karena itu, wanita yang sedang menstruasi perlu memperhatikan pantangan-pantangan saat menstruasi. Berikut beberapa pantangan saat haid yang harus dihindari oleh perempuan.
Haid Pada Wanita 5
1. Membiarkan diri dikuasai emosi negatif
Perubahan hormon dapat memicu mood buruk dan mudah berubah saat haid. Lakukan hal yang membuat Anda merasa nyaman, seperti beristirahat, mendengarkan musik, menonton film atau kegiatan lain yang memberikan mood positif.

2. Menghentikan kebiasaan berolahraga
Wanita yang sedang haid dianjurkan untuk berolahraga. Jika dilakukan secara teratur, olahraga seperti bersepeda, atau berlari, justru dapat membantu mengurangi nyeri datang bulan. Jadi, menghentikan kebiasaan olahraga justru akan membuat mood Anda makin buruk.

3. Mengonsumsi minuman beralkohol
Pada saat haid, tingkat progesteron meningkat, sehingga meningkatkan efek alkohol. Hal ini berisiko membuat tidur Anda terganggu. Selain alkohol, ada baiknya Anda menghindari minuman yang mengandung kafein. Hal ini dilakukan untuk mencegah perubahan mood yang drastis saat haid.

4. Berhubungan seksual
Berhubungan seksual saat menstruasi sangat tidak disarankan karena meningkatkan risiko penularan penyakit seksual. Banyak yang masih bertanya, berhubungan saat haid apakah bisa hamil? Meski kemungkinannya sangat kecil, wanita yang berhubungan seksual saat haid berpeluang mengalami kehamilan.

5. Makan sembarangan
Ketika haid, terjadi perubahan hormon. Wanita cenderung mengonsumsi makanan dalam jumlah besar. Anda harus mengatur makanan yang Anda makan saat haid. Makanan yang disarankan saat haid adalah makanan sehat kaya serat, seperti sayur-sayuran, buah, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

6. Malas mengganti pembalut
Anda wajib untuk memperhatikan kebersihan vagina terutama saat haid. Mengganti pembalut secara berkala wajib dilakukan saat haid. Usahakan untuk mengganti pembalut setiap 3-6 jam sekali.

Anda juga dapat lebih sering mengganti pembalut saat aliran darah sedang deras atau disesuaikan dengan volume darah haid dan kegiatan Anda. Mengganti pembalut dapat mencegah perkembangbiakan bakteri dan mencegah bau tidak sedap.

7. Beraktivitas penuh tanpa istirahat
Ketika Anda haid, usahakan selalu menjaga kondisi fisik dan beristirahat cukup. Melakukan aktivitas yang padat sampai kurang tidur saat haid akan menyebabkan Anda kelelahan. Selain itu, rasa nyeri pada otot dan kram yang sering dirasakan saat haid dapat menjadi lebih parah. Jadi, saat haid usahakan untuk selalu beristirahat dengan cukup.

Beberapa pantangan di atas dapat Anda perhatikan saat haid agar Anda merasa nyaman saat haid. beberapa wanita akan merasa nyeri di bagian perut, selera makan yang meningkat dan emosi yang tidak stabil saat haid. Anda dapat menemukan berbagai obat pereda nyeri dan tips lain saat haid di orami.co.id.