Tips Memberikan Pelajaran Calistung pada Anak TK dan Waktu yang Tepat Mengajarkannya

Umur 4 sampai 6 tahun adalah masa-masa umur anak masih TK yang sedang aktif-aktifnya bermain sambil belajar. Tidak jarang sekolah-sekolah dan orang tua memberikan pelajaran calistung pada masa ini karena memang lebih gampang menangkap pelajarannya. Tapi, buat sebagian anak tentu menjadi tantangan baru yang masih susah diikuti.

Buat mendukung proses menangkap pelajarannya, setidaknya kamu sebagai orang tua atau gurunya harus memberikan metode yang tepat. Tidak asal mengajarkannya karena anak-anak TK harus diberikan pelajaran yang menarik agar mereka mau belajar membaca, menulis, serta berhitung. Kalau kamu belum tahu caranya, berikut tips-tips mengajarkannya yang benar.

Berikan Permainan yang Edukatif
Karena masih TK, sebaiknya kamu berikan pelajaran yang edukatif tapi menggunakan konsep permainan yang seru. Dengan cara ini menjadi metode yang ampuh mengajarkan calistung pada mereka. Salah satu cara yang bisa kamu gunakan yaitu dengan memakai permainan puzzle.

Berikan puzzle yang bertuliskan angka atau abjad agar mereka tertarik buat membacanya. Tidak ada salahnya juga kamu berikan puzzle yang berbeda-beda agar mereka juga tidak cepat bosan.

Selingkan Belajar Membaca dengan Lagu
Kalau kamu mau mengajarkan huruf pada anakmu di usia dini, coba saja dengan menggunakan lagu. Ada banyak lagu-lagu anak yang bisa kamu nyanyikan dengan anakmu agar mereka semakin lebih gampang mengerti pembendaharaan kata mau pun kalimat. Jangan lupa juga agar mereka semakin mengenal huruf, gunakan lagu yang paling populer di kalangan anak-anak yaitu lagu ABCD.

Belajar membaca dengan menyanyikan lagunya tentu menjadi kegiatan yang menarik buat mereka lakukan. Semakin sering mereka melakukannya, akan semakin gampang mereka mau mengenal huruf.

Ajak Anakmu Menggambar Garis di Atas Pola
Buat mengajarkan menulis, kamu bisa memberikan pola garis putus-putus pada anakmu. Ajaklah mereka menggambar pola itu dengan mengikuti setiap garisnya. Agar tidak membosankan, berikan pola yang berbeda-beda setiap mengajarkannya. Misalkan huruf A, dengan diikuti huruf yang lainnya, seperti menjadi Apel.

Kalau kamu membiasakannya dengan metode belajar calistung ini, mereka akan semakin gampang terbiasa menulis karena keseimbangan tangan serta gerakannya lebih terarah.

Sediakan Karpet yang Bergambar Angka atau Huruf
Metode menarik yang bisa kamu lakukan di rumah atau bahkan di sekolah yaitu menyediakan karpet yang punya gambar angka atau huruf di atasnya. Karpet bergambar itu menjadi situasi yang kondusif sehingga membuat anak lebih cepat belajar angka dan huruf.

Kamu bisa menaruhnya di kamar tidurnya atau di ruang tempatnya bermain. Kalau mereka sering melihat karpet itu, tentu mereka akan semakin terbiasa dalam berbagai bentuk angka mau pun huruf.

Jangan Memaksanya buat Belajar
Setiap anak punya waktunya masing-masing buat belajar calistung. Ada yang prosesnya belajarnya cepat, tapi ada juga yang lambat. Maka itu, kamu tidak boleh asal-asal memaksanya saja karena kamu harus mengetahui kondisi anakmu itu. Kalau mereka bosan dengan metode yang sudah pernah kamu berikan, tidak ada salahnya ganti cara yang lebih menyenangkan, seperti belajar di taman, membuat huruf di pasir, dan sebagainya.


Sebenarnya, kapan waktu yang pas buat mengajarkan anak calistung? Menentukan kapan waktu yang tepat sampai sekarang ini masih pro dan kontra. Tapi, sebagian besar ahli mengatakan kalau umur 5 sampai 9 tahun adalah waktu yang tepat buat belajar membaca, menulis, dan berhitung.

Lebih baik kamu cari tahu dulu metode-metode yang tepat buat mengajarkan membaca, menulis, dan berhitung. Usahakan kamu cari metode yang menyenangkan dan tidak membosankan. Cara yang menyenangkan membuat mereka akan lebih senang belajar karena mereka pun masih di umur-umur yang suka bermain sambil belajar.

Biantara Khalifamusta

Berbagi informasi itu indah dan menawan. Soo jangan pernah untuk tidak pernah berbagi ya :)

Mungkin Anda Menyukai