Tipe Perawatan Penting Agar Industri Lebih Produktif & Bersih

Industri memegang peranan penting dalam kelangsungan hidup manusia. Banyak pabrik besar yang menjadi tumpuan pasar untuk memasok beragam produk seperti pakaian, makanan, peralatan rumah tangga dan lain-lain. Permintaan barang yang semakin meningkat, membuat pengelola pabrik menggunakan tenaga mesin untuk mempercepat proses produksi sehingga bisa mencapai target.

Sama halnya dengan kebersihan pabrik yang harus tetap dijaga. Jenis perawatan alat produksi pabrik berbeda-beda menyesuaikan tipe mesinnya. Berikut ulasan 5 perawatan wajib diberlakukan dalam industri.

1. Industri equipment cleaning

Pembersihan peralatan industri membutuhkan keahlian khusus karena luas area dan mesin produksi yang jumlahnya banyak. Tujuan utama dari industrial equipment cleaning adalah menjaga agar mesin dan proses pembuatan tetap optimal & bersih. Banyak perusahaan jasa yang dapat diajak kerjasama untuk solusi kebersihan dan perawatan seluruh area industri.

Sebelumnya perlu diketahui terlebih dahulu jika maintenance alat produksi dibagi dalam beberapa jenis yaitu :

• Perawatan yang dilakukan ketika terjadi kerusakan
Jenis perawatan seperti ini sering disebut breakdown maintenance yang sebisa mungkin harus dihindari karena kondisi mesin tidak bisa dioperasikan sama sekali akan memaksa proses produksi berhenti total. Akibatnya target produksi harian yang direncanakan sulit tercapai.

• Perawatan pencegahan
Maintenance pencegahan dilaksanakan untuk menghindari kerusakan mesin produksi secara mendadak. Biasanya upaya ini direalisasikan dengan membuat jadwal pengecekan alat-alat & cleaning (pembersihan). Selain itu bisa juga berupa mengganti suku cadang secara berkala. Jenis kegiatannya seperti pembersihan komponen mesin dan meminyakinya agar kinerjanya tetap baik.

• Perawatan korektif
Perawatan ini dilakukan untuk membuat identifikasi penyebab kerusakan yang dialami oleh mesin. Termasuk tahap perbaikan alat-alat industri yang rusak agar dapat berfungsi normal kembali. Sehingga corrective maintenance ini akan dilakukan khusus untuk mesin-mesin bermasalah atau abnormal fungsinya.

Melihat pentingnya perawatan alat-alat untuk kelangsungan industri, pihak pengelola perlu memilih perusahaan jasa yang tepat untuk menanganinya. Contohnya yang menawarkan solusi lengkap. Perawatan dapat dimulai dari bahan mentah yang masuk ke pabrik sampai menjadi output.

Pihak perusahaan jasa equipment cleaning ini memberi beberapa solusi strategis meliputi pengolahan limbah air, pembersihan permukaan & umum, dan treatment air. Programnya mencakup support perhitungan biaya untuk pembersihan, pelatihan karyawan tentang keselamatan, pemilihan produk terbaik, penggunaan energi, dan pemakaian air.

2. Chiller untuk industri

Selain perawatan kebersihan, industri juga memerlukan pemeliharaan sistem yang berkaitan dengan panas & dingin. Biasanya jenis pemeliharaan ini disebut closed loop untuk melindungi dan efisiensi operasi sistem semua komponen pabrik. Banyak jenis treatment sistem yang ditawarkan perusahaan jasa maintenance.

Contohnya seperti rancangan sistem panas – dingin khusus untuk menjaga kebersihan dan mengendalikan hal-hal penting yang berkaitan teknis. Sebagai penanggung jawab pabrik, anda dapat menggunakan jasa spesialis teknis untuk menganalisa air dan melakukan pemeriksaan masalah yang mungkin akan muncul. Biasanya berkaitan dengan umur equipment yang memendek.

Dengan perawatan yang sesuai, mesin diharapkan bisa mempertahankan efisiensinya ketika digunakan dan mempunyai umur penggunaan lebih panjang dari batas yang diperkirakan. Pertimbangkan juga tentang chiller yang ramah lingkungan.

Biantara Khalifamusta

Berbagi informasi itu indah dan menawan. Soo jangan pernah untuk tidak pernah berbagi ya :)

Mungkin Anda Menyukai