Sebelum Terlambat, Berikut Ini Cara Mencegah DBD Paling Efektif

Cara mencegah DBD harus diketahui oleh masyarakat. Hal ini bukan tanpa alasan karena penyakit DBD ini bisa mengancam nyawa seseorang. DBD atau demam berdarah merupakan sebuah penyakit yang diakibatkan oleh nyamuk yang bernama Aedes Aegypti. Dimana apabila penyakit ini tidak segera mendapatkan penangan maka bisa membahayakan nyaawa seseorang.

Di Indonesia sendiri, pasien demam berdarah tergolong cukup tinggi terutama bagi mereka yang tinggal di daerah kumuh dimana kebersihan kurang terjaga. Untuk itulah, sebelum terlambat, anda juga ahrus mengetahui bagaimana cara mencegah DBD dengan yang benar dan paling efektif. Langsung saja simak ulasan dibawah ini.

Cara mencegah DBD paling efektif

1. Bersihkan tempat penampungan air
Nyamuk yang menyebabkan DBD akan lebih mudah berkembang biak di daerah yang kumuh dimana terdapat air. Untuk itulah, apabila anda memiliki penampungan air maka anda harus rajin untuk membersihkannya. Seperti anda bisa membersihkan bak mandi dengan rutin. Agar nyamuk DBD tidak berkembang biak.

Selain bak, anda juga bisa melakukan pembersihan pada perabotan dimana terdapat air didalamnya seperti kaleng hingga vas bunga. Tutup rapat juga bagian wadah yang berair dengan rapat agar tidak dijadikan sebagai sarang nyamuk.

2. Hindarilah menumpuk ataupun mengantung baju secara lama
Selain suka berkembangbiak di tempat yang lembab, nyamuk penyebab DBd ini juga sangat suka berkembang biar di dalam baju-baju yang menggantung atau menumpuk lama. Untuk itulah, bagi anda yang memiliki kebiasaan untuk melipat cucian, maka anda harus segera menghilangkan kebiasaan buruk ini.

Biasakan diri anda untuk segera melipat pakaian yang sudah dicuci kering dan taruh pada tempat yang bersih dan tertutup.

3. Gunakan lotion untuk menghindari nyamuk
Saat ini, penggunaan lotion anti nyamuk ternyata juga bisa menjadi solusi berikutnya untuk terhindar dari nyamuk DBD. Ini juga menjadi Cara mencegah DBD yang efektif untuk dilakukan. Lotion dengan kandungan serai, geranium, lemon balm, lavender hingga peppermint bisa menjadi pilihan yang terbaik untuk anda.

Anda bisa mengoleskan lotion tersebut pada bagian tubuh yang tidak tertutup oleh pakaian. Apabila anda akan menggunakan tabir surya, sebaiknya anda menggunakan lotion anti nyamuk dahulu. Dengan begini maka anda bisa terhindar dari dbd

4. Melakukan fogging
Selain cara diatas, masih ada cara lainnya yang bisa anda pilih untuk menghindari DBD agar tidak menyerang anda yakni dengan melakukan fogging. Fogging ini sendiri merupakan salah satu bentuk pencegahan DBD dimana dilakukan dengan cara massal dengan cara menyemprotkan obat nyamuk.

Tetapi biasanya pencegahan ini akan diadakan ketika memasuki pancaroba atau ketika kasus DBD mengalami peningkataan yang cukup tinggi. Fogging ini sendiri mengandung zat kimia piretroid sintetis dimana akan dilarutkan bersama dengan air. Dan diuapkan ke dalam bentuk kabu asap. Bisa dibilang ini merupakan cara mencegah dbd yang terbaik karena bisa menjangkau pelosok bangunan dengan cepat.

Tetapi jangan lupa ketika fogging sedang dilakukan, anda bisa menggunakan masker

5. Memangkas tanaman liar dengan rutin
Tanaman liar yang tumbuh subur di pekarangan rumah anda bisa saja menjadi penyebab DBD bukan? Untuk itulah jika terdapat rerumputan yang tumbuh lebat, sebaiknya anda bisa segera memangkasnya dan membersihkannya. Terutama ketika musim penghujan, anda bisa lebih rajin dalam membersihkan rumput.

Demikian Cara mencegah DBD dengan efektif. Tak bisa dipungkiri apabila penyakit ini tidak boleh anda remehkan begitu saja karena penyakit ini bisa mengancam jiwa seseorang.

Biantara Khalifamusta

Berbagi informasi itu indah dan menawan. Soo jangan pernah untuk tidak pernah berbagi ya :)

Mungkin Anda Menyukai