Punya Smartwatch, Banyak Untung atau Ruginya, Ya?

Ada smartphone, ada juga smartwatch. Semakin ke sini, berbagai barang elektronik semakin sering mengusung tema ‘smart’ artinya barang tersebut memiliki sistem yang pintar sehingga memudahkan pengguna dalam melakukan berbagai hal. Termasuk yang paling populer adalah pemakaian smartwatch. Namun, apakah menggunakan smartwatch lebih menguntungkan daripada memakai jam tangan biasa yang fungsinya hanya untuk melihat waktu?

Kelebihan Smartwatch yang Perlu Diketahui

Tentu ada alasan mengapa sebuah jam tangan diberi nama smartwatch, karena jam tersebut disemati teknologi canggih seperti halnya smartphone. Banyak hal yang dapat dilakukan dengan menggunakan smartwacth, antara lain seperti mendengarkan lagu, memotret, browsing, mengecek detak jantung, dan lain sebagainya. Semakin canggih sebuah produk smartwatch, fitur yang diberikan pun semakin banyak dan sesuai dengan kebutuhan pemakai.
Kekurangan Memiliki Smartwatch
Kelebihan smartwatch yang paling disukai pengguna adalah karena bisa terkoneksi dengan smartphone. Dengan kemampuan tersebut, segala kegiatan jadi lebih mudah. Misalnya, Anda bisa melihat notifikasi dari Smartphone melalui smartwatch, dengan begitu Anda dapat mengerti apakah ada notifikasi penting atau tidak tanpa sering-sering mengecek ponsel pintar secara langsung.

Kelebihan lainnya dari smartwatch adalah adanya fitur-fitur berguna seperti sensor untuk memantau kesehatan, mulai dari mengecek tekanan darah, detak jantung, pola tidur, dan lain sebagainya. Tidak heran jika penggiat olahraga sering memakai smartwatch untuk membantu pola olahraga mereka, terutama yang sedang dalam program diet.

Selain itu, pada beberapa smartwatch juga dilengkapi dengan kamera sehingga Anda dapat mengabadikan momen kapan saja. Hanya, fitur kamera biasanya masih sangat sederhana sehingga tidak bisa digunakan untuk foto profesional.

Kekurangan Memiliki SmartWatch

Smartwatch memang terlihat sangat keren dan modern, berbagai fitur yang disematkan selalu memberi kemudahan bagi pemakainya. Akan tetapi, di antara semua kelebihan tersebut smartwatch juga memiliki beberapa kekurangan. Antara lain, harga smartwatch masih terhitung mahal dibandingkan jam tangan biasa, meskipun jika dibandingkan dengan jam-jam dari brand kenamaan, harganya masih terbilang murah dan wajar. Akan tetapi, harga smartwatch masih belum terjangkau untuk semua kalangan. Sebuah swartwatch, harganya masih sama dengan sebuah handphone terbaru.

Selain itu, jika dibandingkan jam tangan pada umumnya, daya baterai smartwatch sangat kecil. Untuk penggunaan biasa, tanpa terkoneksi internet dan lain-lain, sebuah smartwatch bisa dipakai sampai satu bulan lebih. Namun, dengan terkoneksi ke perangkat lain menggunakan Bluetooth atau wifi, baterainya hanya bertahan dua sampai tiga hari.

Seperti yang sudah diungkap sebelumnya bahwa beberapa smartwatch dilengkapi kamera. Namun, karena resolusinya sangat kecil dan rata-rata hanya sekitar 0.3 megapiksel, membuat kamera smartwatch tidak kompatibel untuk memotret secara bagus.

Apakah Harus Membeli Smartwatch Sekarang Juga?

Namun, dari uraian tentang kelebihan dan kekurangan smartwatch di atas, bisa disimpulkan jika fungsi smartwatch akan lebih maksimal jika dipakai oleh orang yang benar-benar membutuhkan. Misalnya, untuk orang-orang dengan mobilitas tinggi.

Biantara Khalifamusta

Berbagi informasi itu indah dan menawan. Soo jangan pernah untuk tidak pernah berbagi ya :)