Penyedia Jual Kubah Masjid Terpercaya dengan Harga Kubah Masjid yang Bersaing

Selain papan penunjuk, kubah juga kerap menjadi patokan ketika mencari masjid mengingat posisinya berada di titik tertinggi. Bahkan, kubah dijadikan ikon sebuah masjid sehingga didesain khusus hanya untuk masjid tertentu. Pembuatan dan pemasangan kubah dapat diserahkan kepada pihak yang bekerja di bidang jual kubah masjid. Tentu saja harga kubah masjid bervariasi tergantung jenis yang dikehendaki.

Beberapa Jenis Kubah Masjid dengan Keunikannya

1. Kubah Bawang

Seperti namanya, bawang, kubah ini memang mengambil bentuk salah satu bumbu dapur ini. Layaknya bawang, kubah ini memiliki ujung yang meruncing ke atas dan bagian bawah yang mengecil dan menggembung. Dengan tambahan detail yang menarik dan kombinasi warna yang pas, kubah bawang sangat digemari.

2. Kubah Oval

Bentuk dari kubah ini seperti telur lonjong yang dibelah bagian tengahnya secara horizontal. Bentuk lonjongnya akan lebih terlihat ketika memasuki bagian dalam masjid. Persis seperti belahan telur, sehingga kubah berbentuk semacam ini juga dinamakan kubah telur.

3. Kubah Piring

Kubah piring memiliki bentuk yang ceper seperti piring, dengan ujung yang melengkung sedikit. Apabila dilihat dari kejauhan, bentuknya sangat ceper, layaknya piring. Kubah jenis ini biasanya digunakan untuk bangunan masjid yang luas sehingga memerlukan bentuk kubah yang kuat.

4. Kubah Setengan Lingkaran

Bentuk kubah masjid ini persis seperti bentuk setengah lingkaran. Lebih tepatnya, bentuk kubah menyerupai belahan bola. Dahulunya, kubah jenis ini digunakan pertama kali di Syria yang kemudian dikembangkan lebih lanjut di Roma.

Bahan-Bahan Pembuat Kubah yang Sering Digunakan

a. Kubah dari Beton

Beton merupakan material yang dinilai sangat kuat untuk membuat bangunan, tak terkecuali untuk kubah masjid. Kubah dengan material beton ini didukung oleh rangka besi tulangan sebagai bagian dalam kubah. Kubah beton ini cukup berat, sehingga pondasi dan bangunan masjid pun harus lebih kuat untuk menopangnya. Selain itu, dana untuk membuatnya pun lebih mahal.

b. Kubah dari Stainless

Kubah berbahan stainless sudah sering ditemui di Indonesia karena banyak masjid atau mushola yang menggunakan jenis ini. Bukan tanpa alasan, kubah stainless juga memiliki kelebihan terutama rentan terhadap karat. Karakteristik stainless yang mengkilap juga membuat kubah ini terlihat tidak kusam dan mencolok. Model yang dijual pun beragam, tinggal sesuaikan dengan bangunan masjid.

c. Kubah dari Galvalum

Apabila tidak ingin memakai material berat seperti beton namun tetap awet, bahan galvalum bisa dijadikan alternatif. Pada intinya, material galvalum menggunakan baja ringan untuk membuat rangka kubah, dan proses pembuatannya pun tidak serumit saat menggunakan beton. Kelebihan lain dari galvalum antara lain daya rekat yang cukup bagus, tahan panas, dan rentan terhadap karat.

d. Kubah dari Enamel

Bisa dikatakan pesaing material galvalum adalah enamel karena sama-sama ringan. Namun, dalam beberapa sisi, enamel memiliki keunggulan yang lebih. Kubah enamel dinilai lebih ringan, dan warna yang dihasilkan pun cukup cerah dan terlihat nyata. Selain itu, enamel juga memiliki ketahanan terhadap bocor yang lebih bagus dibandingkan kubah dengan bahan lain.

Keunggulan Menggunakan Kubah Enamel dan Galvalum

Apabila Anda tertarik menggunakan kubah berbahan enamel atu galvalum, Anda bisa memesan dari produsennya langsung, salah satunya adalah jualkubahmasjid.id yang dijalankan oleh PT. Anugerah Kubah Indonesia. Dengan memesannya dari produsen langsung, maka jaminan kualitas produksi kubah sebanding dengan harga yang ditawarkan. Anda juga bisa menyesuaikan budget dengan desain kubah yang diingini.

Ditambah lagi, kubah berbahan enamel dan galvalum adalah spesialis dari jualkubahmasjid.id sehingga keunggulan kubah berbahan ini pun akan ditonjolkan oleh pihak yang tepat. Berikut keunggulan dari bahan enamel dan galvalum:

1. Keunggulan Kubah dari Enamel

– Tahan terhadap cuaca
Bagian dalam masjid yang memiliki kesejukan alami tentu saja lebih disukai oleh para pengunjung karena suasana yang nyaman serta khidmat membuat ibadah lebih khusyuk. Nah, dengan menggunakan kubah berbahan enamel ini, masjid akan memiliki suasana tersebut. Kubah berbahan enamel tahan cuaca dan mampu menetralkan cuaca panas sehingga bagian dalam menjadi dingin.

– Bahannya ringan
Bahan yang ringan sudah menjadi kelebihan utama dari enamel ini sehingga banyak dijadikan pilihan. Harga kubah masjid berbahan enamel ini juga lebih murah dibandingkan berbahan beton mengingat desainnya yang tidak terlalu rumit. Walaupun ringan, kubah enamel ini tetap memiliki ketahanan sehingga awet digunakan.

2. Keunggulan Kubah dari Galvalum

– Anti karat
Galvalum memang sudah terkenal sebagai material atap karena memang memiliki daya tahan yang sangat bagus khususnya terhadap karat. Oleh sebab itu, menjadikan galvalum sebagai material kubah masjid pun adalah pilihan yang tepat.

– Tahan panas
Seperti halnya enamel, galvalum juga tahan terhadap cuaca panas, bahkan mampu menahan panas hingga 3000 celcius. Dengan begitu, ruangan di dalam masjid akan tetap terasa sejuk meskipun temperaturnya sangat panas di luar. Lebih bagusnya lagi, pengelupasan cat jarang terjadi pada kubah berbahan galvalum ini karena tidak terganggu perubahan cuaca sama sekali.

– Daya rekatnya fleksibel
Dengan memiliki daya rekat fleksibel, galvalum akan cocok digunakan dengan berbagai bahan cat dasar. Selain itu, catnya pun tidak mudah terkelupas oleh paparan sinar matahari maupun tetesan hujan lebat. Sehingga keawetannya terjamin lebih lama.

Sudah sangat yakin menggunakan jasa jualkubahmasjid.id? Jika iya, maka Anda tidak perlu mengkhawatirkan kualitas hasil produksinya. Apapun bahan kubah yang digunakan baik itu enamel maupun galvalum akan dibuat melalui proses yang tepat sehingga tidak mengecewakan. Modelnya pun dapat didesain sesuai keinginan dan sesuai budget. Sehingga tidak perlu khawatir mengenai harga kubah masjid yang dipesan.

Biantara Khalifamusta

Berbagi informasi itu indah dan menawan. Soo jangan pernah untuk tidak pernah berbagi ya :)

Mungkin Anda Menyukai