Gimana Sih Cara Memilih Karpet Badminton yang Tepat?

Hampir semua cabang olahraga menggunakan karpet di lapangannya. Karena itu, pemilihannya harus bisa disesuaikan agar pemainnya nyaman bermain, gampang bergerak, dan nggak gampang jatuh akibat karpetnya yang licin. Contohnya saja lapangan bulu tangkis yang tentu menggunakan karpet badminton.

Karpet bulu tangkis yang dipasang di lapangan harus punya permukaan yang datar dan agak keras agar pemainnya saat jatuh tidak terlalu merasakan sakit. Tapi, masih cukup disayangkan kalau pengelola lapangan badminton kurang memperhatikan beberapa pertimbangan sehingga pemainnya menjadi nggak nyaman bermain.

Coba deh, kamu yang sedang mencari karpet bulu tangkis, perhatikan dulu beberapa hal ini agar nggak asal-asal pilih karpet begitu saja.

Pertimbangkan Di mana Kamu Mau Pasang Karpet Bulu Tangkis

Kamu sudah tahu kan kalau lapangan badminton bisa di luar ruangan dan di dalam gedung? Pemilihan karpetnya tentu harus kamu sesuaikan di mana kamu mau memasangnya, entah itu mau di dalam gedung atau di lapangan luar ruangan. Kamu yang mau memasangnya di luar ruangan, pastinya kamu akan memikirkan banyak pertimbangkan ketimbang kamu yang mau pasang di dalam gedung.

Dari faktor keawetan, sangat penting banget kamu pikirkan karena di luar ruangan lebih berisiko terkena hujan, panas matahari langsung, dan sebagainya. Maka dari itu, usahakan kamu mencari karpet badminton yang punya ketahanan yang lebih baik, tebal, dan pastinya kualitasnya nggak abal-abal.

Beda lagi kamu yang mau memasangnya di dalam gedung. Kamu nggak akan begitu kerepotan mencari karpet bulu tangkis karena lebih gampang memilihnya. Pilih saja yang permukaannya halus dan juga lembut.

Pertimbangkan Pemilihan Material Karpet

Karpet bulu tangkis punya jenis material yang bervariasi tergantung pemasangannya mau di mana. Kalau secara umumnya, ada 5 material yang sering dipakai buat lapangan bulu tangkis, yaitu PVC atau vinyl flooring, parquette, silikun PU, interlock PP, serta interlock Modular PP.

PVC atau vinyl flooring merupakan karpet badminton yang digunakan sebagai standar internasional. Keunggulan memakai karpet ini adalah daya lentingnya yang lebih kuat sehingga saat bermain pun para pemain akan merasa sangat nyaman. Selain itu, karena nggak licin atau lebih kesat dari jenis karpet lainnya, maka pemainnya pun nggak akan gampang tergelincir. Tapi kalau kamu mau mencari karpet buat di luar ruangan, lebih baik gunakan saja jenis interlock modular PP.

Perhatikan Ukuran Lapangan

Memilih karpet bulu tangkis juga nggak boleh terlewat dengan ukuran lapangan yang mau dipasang karpet. Sesuai dengan aturan internasional, lapangan bulu tangkis punya lebar 0,75 m dan 13,4 untuk panjangnya. Sedangkan jarak garis-garisnya yaitu 0,05 m. Tapi, nggak semua lapangan badminton menerapkan aturan itu sehingga kamu perlu mengukurnya dulu lebar, panjang, serta jarak antar garisnya.

Pilih yang Sesuai dengan Lampu Lapangan

Saat malam hari, tentu lapangan badminton diberikan lampu agar pemainnya bisa tetap bermain dengan nyamna. Tapi, pastikan kamu sudah memilih warna karpet badminton yang tepat sesuai dengan lampu lapangannya, terutama yang di dalam gedung. Pemilihan warna yang salah membuat pemain akan merasa terlalu silau dengan lampunya karena pantulan warna dari karpetnya.

Sebaiknya pilih saja warna yang umum, seperti hijau, biru, cokelat kayu, dan warna leci. Kalau soal teksturnya, pilih saja yang grid dan GEM surface.

Pertimbangkan Anggaran

Saat mau membeli karpet bulu tangkis, jangan lupa kamu pertimbangkan juga anggaran yang kamu punya. Pemilihan ukuran dan jenis material yang digunakan akan mempengaruhi harga karpet badminton yang kamu pilih. Karena itu, lebih baik kamu pilih saja material yang sesuai dengan kebutuhanmu. Jangan memaksakan memilih yang terlalu bagus kalau budget yang kamu punya hanya terbatas.

Itulah beberapa tips buat mencari karpet bulu tangkis yang tepat. Jangan sampai deh kamu asal-asal pilih karpetnya karena bisa membuat pemainnya nggak nyaman bermain atau bahkan sering terjatuh karena permukaannya yang licin. Kamu bisa mencari karpetnya di www.karpetbadminton.id yang menawarkan berbagai macam karpet bulu tangkis. Harganya terjangkau, nggak buat kamu rugi deh.

Biantara Khalifamusta

Berbagi informasi itu indah dan menawan. Soo jangan pernah untuk tidak pernah berbagi ya :)

Mungkin Anda Menyukai