Desain Rumah Unik Buat yang Hobi Baca Buku

Desain rumah unik buat yang hobi baca buku pasti merupakan hal yang menyenangkan. Koleksi buku-buku yang mereka miliki dapat disimpan dan ditata sedemikian rupa dalam suatu ruangan. Seseorang yang sangat hobi membaca biasanya memiliki banyak koleksi buku, tidak satu ataupun dua saja bisa puluhan bahkan ada yang memiliki ratusan koleksi buku-buku.

Apakah Desain Rumah Minimalis Harus Selalu Beraksen Dasar Kotak Atau Ada Alternatif Lain

Sebuah tempat tinggal yang memiliki ruangan untuk menata buku-buku kesayangan adalah impian semua orang yang hobi membaca. Tidak hanya itu, desain rumah yang menyediakan tempat membaca dengan nyaman dan tenang adalah hal yang paling menarik. Ada banyak sekali desain rumah unik dan menarik yang dapat menjadi referensi bagi si pemilik hobi ini.

Mendesain rumah dan ruangan buat si kolektor buku
Seorang kolektor pastilah memiliki banyak sekali buku-buku, dari ratusan hingga bisa mencapai ribuan banyaknya. Berikut beberapa tips yang bisa diikuti.

1. Perpustakaan pribadi.
Menata sebuah ruangan sehingga terlihat seperti perpustakaan yang berada dalam rumah sendiri. Kita bisa menentukan lokasi yang akan dijadikan perpustakaan pribadi tersebut, misalnya dengan menggabungkan ruang kerja dengan perpustakaan. Atau jika memiliki rumah yang cukup luas akan sangat bagus jika dibuatkan satu ruangan khusus untuk perpustakaan.

Sebaiknya ruangan yang akan digunakan benar-benar ditata nyaman dan tenang, agar terciptanya suasana layaknya perpustakaan. Dalam penyusunan buku-buku bisa disesuaikan dengan berapa banyak buku-buku yang dimiliki, jika memang banyak sebaiknya menggunakan rak yang besar dan satu hal penting yaitu kuat dan kokoh.

Baca :  Kombinasi Warna Cat Rumah Minimalis Modern dan Kekinian

2. Kamar tidur atau Ruang baca?
Apakah mungkin menggabungkan kamar tidur dengan ruang baca? Jawabannya. kenapa tidak. Malahan ide ini merupakan hal yang menarik, mendesain rumah dengan kamar tidur digabung dengan ruang baca. Kamar tidur merupakan tempat untuk beristirahat dan pastinya adalah tempat yang tenang serta nyaman. Menata koleksi-koleksi buku kesayangan anda didalam kamar tidur mungkin bisa membantu mengingat bahwa masih ada beberapa buku yang sudah dibeli namun belum sempat dibaca. Bisa juga dengan membuat beberapa rak kayu gantung yang menempel pada dinding dan bersebelahan dengan tempat tidur adalah desain yang unik. Akan sangat memudahkan anda saat ingin membaca buku favorit sebelum tidur. Menarik bukan? Selamat mendesain ya.

3. Ruang Keluarga lengkap dengan perpustakaan mini.
Ruangan yang biasa digunakan sebagai tempat untuk berkumpul bersama keluarga sebenarnya juga menarik jika di desain menjadi ruang baca serta tempat menyimpan buku. Saat berkumpul bersama keluarga tercinta sambil membaca buku akan semakin menyenangkan dan menambah kehangatan serta keakraban sebuah keluarga.

Anda bisa menata ruang keluarga dengan menambahkan beberapa rak buku berbentuk vertikal dan menempatkan buku anak-anak pada bagian bawah rak. Hal ini agar memudahkan anak-anak anda saat mencari buku yang mereka ingin baca. Tidak hanya itu ide menggabungkan ruang keluarga dengan ruang baca memiliki tujuan yang sangat positif yaitu bisa menimbulkan kesadaran bagi anggota keluarga dan anak-anak untuk membaca buku.

Baca :  Desain Kamar Tidur Minimalis Anak Perempuan Memiliki Motif Unik

Selanjutnya tambahkan desain-desain menarik lainnya agar ruang keluarga ini semakin menarik dan menjadi tempat favorit bagi seluruh anggota keluarga.

Pengen punya perpustakaan pribadi di rumah? Ini desain rumah yang bisa kamu coba.

1. Sudut ruangan
Manfaatkan sudut ruangan yang ada di rumah anda, tips ini bisa membantu bagi yang rumahnya minimalis banget. Meletakkan sebuah rak buku di sudut ruangan dan menambahkan karpet kecil beserta 2 buah bantal santai. Jika sudut ruangan anda di dekat jendela, bisa juga dengan meletakkan rak buku mini serta meletakkan kursi dan meja kecil disamping. Tentunya akan menambah kesan menarik pada rumah anda, sudut ruangan yang biasanya kosong akan bermanfaat.

Keinginan punya ruang baca dan perpustakaan pribadi pada akhirnya tercapai meskipun rumah anda minimalis.

2. Dinding-dinding rumah
Biasanya dinding rumah tempat menempel atau menggantung lukisan, foto keluarga dan hiasan lainnya. Bagaimana jika perpustakaan pribadi kamu disusun pada dinding kosong rumah saja? Menarik bukan. Anda bisa pilih dinding yang dirasa cocok untuk dibuatkan rak buku yang tergantung. Desainnya tidak harus selalu berbetuk kotak atau rak pada umumnya, anda mungkin bisa membuatnya berbentuk diagonal. Menyusun rak menjadi beberapa tingkat juga unik, tapi jangan terlalu tinggi menggantung nanti malah jadi kesusahan saat ingin membaca.

Rumah yang minimalis tidak akan menyurutkan hobi membaca dan mengoleksi buku kan? Selain itu juga akan mempercantik rumah anda kok.

Baca :  Pesona Desain Interior Rumah Minimalis Warna Cat Merah

3. Tangga multifungsi
Bagi anda yang punya rumah bertingkat ide menarik ini sangat unik dan juga sangat menghemat tempat. Tangga rumah anda bisa dimodifikasi menjadi lemari buku yang cukup besar dan bisa menyimpan koleksi-koleksi kesayangan anda.

Jika tangga yang digunakan terbuat dari kayu, maka lemari bukunya juga bisa dibuat dari kayu yang menempel dan terlihat menjadi penopang tangga. Sederhananya, lemari atau rak tersebut hanya ditempel/dipasang pada tangga rumah.

Desain lemarinya bisa anda buat terbuka saja, atau juga bisa anda desain tertutup dengan pintu. Tidak hanya itu, desain unik lainnya tangga multifungsi ini bisa anda buat seperti laci-laci besar. Berbentuk diagonal ataupun vertikal itu tergantung dengan bentuk tangga yang ada dirumah anda. Rumah anda akan menjadi semakin kece dan pastinya anda punya perpustakaan pribadi tanpa harus bingung dengan tempat yang akan digunakan. Selamat mencoba ya.

Sebagai saran terakhir, alangkah baiknya perpustakaan pribadi yang ada miliki dirumah tidak perlu dilengkapi dengan media elektronik seperti TV dan Komputer. Atau jika memungkin tidak berada dalam satu tempat dengan alat elektronik sepertinya yang disebutkan di atas.Kenapa? Agar menimbulkan minat membaca buku yang lebih tinggi lagi pada saat seseorang berada di perpustakaan pribadi tersebut. Sebenarnya bertujuan untuk menumbuhkan kembali budaya membaca buku yang saat ini semakin hari semakin menurun.

Kategori : Desain Rumah