Desain rumah memang sesuatu yang sangatlah menarik untuk terus diikuti terlebih pada aman modern seperti sekarang ini yang telah memunculkan berbagai model desain rumah yang unik seperti rumah terbalik, rumah pohon, rumah es, rumah kaca dan lain sebagainya. Namun bagi masyarakat indonesia model-model rumah seperti yang telah disebutkan di atas tidak terlalu populer dan masih belum banyak orang yang tertarik dengan model rumah seperti itu.

Masyarakat indonesia lebih mengenal model rumah kuno / classic yang biasanya memiliki ciri bangunan yang besar, halaman yang luas serta interior yang sederhana kemudian rumah minimalis yang terkenal sempit dan tak memerlukan banyak lahan untuk membangunnya. Namun dari beberapa desain rumah yang menarik perhatian masyarakat indonesia yaitu desain rumah bergaya eropa baik yang sederhana maupun yang mewah.

Ciri Khas Desain Rumah Bergaya Eropa

Rumah bergaya eropa ini memang memiliki daya tarik tersendiri terutama bagi masyarakat di benua Asia termasuk indonesia, jika diperhatikan secara seksama rumah-rumah di dataran eropa mampu membaur dengan lingkungan sekitarnya mulai dari warna, bentuk hingga desainnya. Sebenarnya apa sajakah ciri khas dari model rumah bergaya eropa tersebut? Berikut ulasannya

Rumah bergaya eropa secara umum dibedakan menjadi dua yaitu model eropa classic dan model eropa modern, untuk model eropa classic memiliki ciri khas yaitu bangunannya yang menjulang tinggi ditambah dengan beberapa pilar penyangga, lekukan-lekukan setengah lingkaran kemudian pintu dan jendela yang besar dibuat untuk mengimbangi ruangan yang luas. Selain itu untuk beberapa jenis rumah terutama model rumah yang berasal dari kawasan Mediterania memiliki ukiran pada titik-titik tertentu.

Sedangkan untuk model rumah modern lebih dikenal dengan model arsitekturnya yang unik dan berbeda dari model rumah pada umunya. Untuk bagian dalamnya penataan interior sangat diperhatikan, orang-orang eropa biasanya hanya menempatkan interior yang sering digunakan dan menyimpan barang-barang yang jarang digunakan sehingga ruangan dapat terasa lebih lega walaupun sebenarnya ruangang tersebut berukuran kecil.

Sementara untuk desain rumah bergaya eropa yang telah ada di Indonesia saat ini sebagian besar dibawa oleh para penjajah jaman dulu. Konsep rumah ini mengedepankan kelapangan, ornamen yang sederhana, pintu yang tinggi dan halaman yang luas. Namun seiring perkembangan zaman banyak orang yang lebih memilih rumah model eropa modern karena selain tak membutuhkan lahan yang luas juga memerlukan biaya yang lebih sedikit dalam pembangunannya

Contoh Desain Rumah Bergaya Eropa

Contoh model rumah bergaya eropa kuno dapat kita lihat dalam beberapa film bernuansa romawi, dari sana kita dapat melihat desain rumah yang bergaya eropa kuno secara murni. Untuk model rumah bergaya eropa modern dapat kita lihat dari para desain baru para arsitektur asal eropa yang selalu menciptakan model-model baru yang menarik untuk selalu diikuti. Untuk contoh yang terakhir desain rumah bergaya eropa yang telah ada di Indonesia seperti rumah-rumah tua peninggalan para penjajah yang dapat ditemui di kota-kota besar terutama di solo, jogjakarta, jakarta dsb.