Desain Kolam Renang Dalam Rumah Minimalis yang Nyaman

Desain Kolam Renang Dalam Rumah Minimalis – Berenang selain dapat menyehatkan badan juga dapat menghilangkan stres. Itulah mengapa banyak tempat wisata bertema air atau pemandian umum yang selalu ramai dikunjungi oleh orang-orang. Tentunya untuk memaksimalkan desain rumah minimalis anda tentu perlu adanya trobosan salah satunya adalah pembuatan kolam ini.

Namun kadang kala kita kurang bisa menikmati secara leluasa ketika berenang di tempat umum seperti di tempat rekreasi karena banyaknya orang yang berenang disana. Nah maka salah satu solusi untuk hal tersebut adalah dengan memiliki kolam renang sendiri di dalam rumah.

Manfaat Memiliki Kolam Renang Dalam Rumah

Manfaat Memiliki Kolam Renang Dalam Rumah
1. Kolam renang di dalam rumah dapat menjadi sarana olah raga yang menyenangkan bagi siapa saja. Nah jika biasanya pada waktu liburan saja anda bisa berenang dengan pergi ke tempat rekreasi pemandian atau wahana air lainnya sekarang anda bisa melakukannya setiap waktu di rumah anda sendiri.

2. Kolam renang pribadi pastinya lebih bersih dari kolam renang umum yang bisa saja terkontaminasi dengan virus atau bakteri dari seseorang yang tak kita ketahui karena banyaknya orang yang berenang disana.

3. Selain sebagai sarana olah raga kolam di dalam suatu rumah dapat menjadi suatu investasi jangka panjang jika suatu waktu ingin menjual rumah tersebut maka harganya pasti aka jauh lebih mahal daripada rumah yang tidak memiliki kolam renang.

4. Memiliki kolam renang pribadi dapat membantu kita untuk mengajari dan mengawasi anak-anak daripada jika kita berenang di tempat umum sehingga kolam renang pribadi pastinya akan lebih aman bagi seluruh anggota keluarga.

Baca :  Desain Rumah Bergaya Eropa Klasik dan Modern Terbaru

5. Kolam renang di dalam rumah dapat menjadi tempat berkumpulnya seluruh anggota keluarga untuk bermain dan bersenang-senang bersama dan tak perlu repot-repot mencari tempat rekreasi yang memerlukan biaya setiap kali untuk rekreasi.

Desain Kolam Renang Minimalis Untuk Rumah Minimalis

Desain Kolam Renang Minimalis Untuk Rumah Minimalis
Kolam renang merupakan salah satu sarana yang tak hanya berguna sebagai tempat olah raga tapi juga berguna sebagai tempat relaksasi. Maka dari itu banyak sekali tempat pemandian baik alami maupun buatan yang tak pernah sepi pengunjung. Jika pemandian alami biasanya terdapat di sungai, sumber mata air atau tempat lain yang airnya mengalir. Sementara untuk pemandian buatan biasanya dibentuklah sebuah kolam.

Kolam renang umum ini hampir setiap hari dikunjungi oleh banyak orang yang berenang disana. Dengan banyaknya orang maka secara otomatis kita akan sulit menikmati dan berenang secara leluasa selain itu desain kolam renang umum juga tak halnya tercemar dengan bakteri atau virus yang dibawa oleh seseorang yang berenang di tempat tersebut. Salah satu cara yang bisa dilakukan agar terhindar dari itu semua adalah dengan memiliki kolam renang sendiri walaupun dengan ukuran dan bentuk yang sederhana.

Hal yang Perlu Diperhatikan Untuk Memiliki Kolam Renang

Hal Yang Perlu Diperhatikan Untuk Memiliki Kolam Renang
Walaupun desain kolam renang di dalam rumah akan mendatangkan banyak manfaat namun semua itu juga bisa mendatangkan hal buruk jika saja kita tidak teliti dalam hal pembuatan dan perawatannya. Berikut hal yang perlu diperhatikan jika anda ingin memiliki kolam renang di dalam rumah.

Baca :  Pesona Desain Interior Rumah Minimalis Warna Cat Merah

1. Keselamatan di Kolam Renang
Keselamatan Di Kolam Renang
Faktor yang paling penting jika anda ingin memiliki kolam rumah minimalis yaitu perhatikan faktor keselamatan bagi seluruh anggota keluarga lebih lebih jika ada anak-anak atau balita dalam keluarga anda. Kedalaman sangatlah mempengaruhi keselamatan oleh karena itu tentukanlah kedalaman yang sesuai dan bisa diguanakan oleh seluruh anggota keluarga. Selain pemilihan warna dasar kolam renang juga harus diperhatikan, sebaiknya gunakan warna-warna terang seperti biru mudaagar jika terdapat hal-hal yang tak diinginkan misalnya ada yang barang yang hilang atau tenggelam dapat terlihat dengan cepat.

2. Menjaga Kebersihan Kolam Renang
Kebersihan Kolam Renang
Faktor lainnya yang juga perlu mendapatkan perhatian adalah faktor kebersihan. Walaupun kolam renang pribadi dan hanya beberapa orang saja yang menggunakan tapi perlu dibersihkan dan bila perlu airnya diganti secara berkala untuk menghindari kuman dan bakteri berkembang di dalam kolam tersebut.

3. Tata Letak Kolam Renang
Letak Kolam Renang
Hal lain yang perlu untuk diperhatikan adalah letak atau posisi kolam renang itu sendiri. Ada baiknya jika anda memilih lokasi yang strategis, tak terlihat dari lingkungan sekitar namun tetap bisa terawasi oleh penghuni rumah. Hal ini bertujuan untuk memberikan privasi kepada seluruh penghuni rumah selain itu pengawasan yang mudah juga berguna untuk mengawasi anak-anak ketika sedang bermain di kolam. selain itu pastikan letak yang dipilih terbebas dari akses binatang berbahaya seperti ular.

4. Desain Kolam Renang
Desain Kolam Renang
Untuk yang paling diperhatikan bentuk dan desain dari kolam renang itu sendiri, pastikan ada bagian yang dangkal sebagai tempat bermain anak. Kemudian bentuk dan ukurannya sesuaikanlah dengan ukuran tanah dan bangunan yang anda miliki. Ini juga tak boleh anda kesampingkan adalah desain atau model kolam renang minimalis.

Baca :  Type Rumah Minimalis 1 Lantai 3 Kamar dengan 2 Garasi yang Apik

Pastikan buat desain semenarik mungkin atau seunik mungkin agar semua penghuni rumah tak merasa bosan ketika ingin bersantai atau berenang di kolam tersebut. Tak masalah dengan ukuran yang kecil namun jika anda pintar memilih bentuk dan desain maka kolam renang minimalis anda akan menjadi tujuan berlibur keluarga anda setiap akhir pekan atau mungkin setiap harinya.

5. Lokasi Kolam Renang
Lokasi Kolam Renang
Hal selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah lokasi, pastikan bahwa lokasi yang anda pilih memiliki privasi yang cukup selain itu lokasi yang ditentukan juga harus terbebas dari binatang yang bisa saja sewaktu-waktu masuk ke dalam olam seperti ular atau binatang berbahaya lainnya.

6. Perawatan dan saluran pembuangan
Perawatan Dan Saluran Pembuangan Kolam Renang
Selain itu anda juga perlu memperhatikan saluran pembuangan air serta model perawatannya karena kolam renang perlu dikuras atau dibersihkan secara berkala.

7. Biaya pembuatan Kolam Renang
Biaya Pembuatan Kolam Renang
Hal terakhir yang perlu diperhatikan adalah biaya pembuatan, jangan sampai memaksakan diri dalam membangun sebuah kolam. Ukuran kolam 6X8 atau 6X4 saja sudah cukup jika memang tak memiliki lahan atau biaya yang cukup untuk membangun sebuah kolam yang luas.