Cara Tepat Merawat Luka Agar Cepat Sembuh

Setiap orang pasti menginginkan bisa lekas sembuh saat memiliki luka, entah itu karena tergores lecet karena jatuh atau tersenggol oleh benda tajam. Luka seperti ini biasanya akan kering dan sembuh dengan sendirinya dalam kondisi normal. Namun demikian, ada beberapa cara cepat menyembuhkan luka.

Cara Agar Luka Anda Segera Sembuh

Penyembuhan luka sejatinya bergantung kepada kondisi fisik dan cenderung memiliki waktunya sendiri hingga benar-benar sembuh. Lamanya masa penyembuhan ini tidak bisa dipercepat. Hanya saja, Anda dapat menerapkan beberapa cara untuk memastikan proses penyembuhan berjalan optimal tanpa gangguan.

Perawatan luka yang baik tentunya bertujuan untuk mencegah terjadinya infeksi. Luka yang mengalami infeksi akan membutuhkan waktu lebih lama untuk sembuh. Nah berikut ini beberapa cara untuk merawat luka agar lekas kering dan sembuh;

1. Pastikan tangan yang akan merawat luka Anda dalam kondisi bersih.
2. Basuh luka yang masih baru menggunakan air mengalir atau menggunakan cairan infus (jika ada) agar kotoran seperti debu dan pasir tersingkir dari bidang luka.
3. Saat Anda membersihkan kotoran dari luka, berhati-hatilah agar tidak menggosok bidang luka terlalu keras yang justru bisa membuat luka baru.
4. Membilas luka ini juga sebaiknya tidak menggunakan sabun, minyak tawon ataupun alkohol sebab justru dapat memicu terjadinya iritasi.
5. Segera keringkan luka dan usahakan untuk tetap kering dengan demikian kelembaban kulit dan luka berada dalam kondisi normal.
6. Dianjurkan untuk menjaga kelembaban, yaitu dengan mengompres luka menggunakan cairan infus ketika luka terasa kering dan terasa gatal menandakan masih ada nanah di dalamnya.
7. Jangan memaksa mengelupas bagian luka yang terlihat kering tanpa mengetahui prosedur yang benar sesuai kondisi luka, mengingat bahwa luka yang sudah benar-benar mengering luar dalam akan mengelupas dengan sendirinya.
8. Anda boleh menggunakan bahan yang mengandung antiseptik apabila luka terindikasi sudah mengalami infeksi.
9. Lakukan pembersihan luka secara teratur, misalnya setiap hari atau ketika pembalut luka terlihat basah dan kotor.

Perhatikan pula adanya tanda infeksi pada luka yaitu sekitaran luka terlihat kemerahan, bengkak membesar, semakin terasa nyeri, luka mulai mengeluarkan cairan kuning/ hijau pekat (nanah) hingga mengalami demam. Dalam kondisi seperti ini, diperlukan penanganan oleh tenaga medis untuk terapi yang lebih baik.

Nah, itulah beberapa cara agar luka cepat kering sekaligus mencegah terjadinya infeksi yang bisa Anda terapkan.

Biantara Khalifamusta

Berbagi informasi itu indah dan menawan. Soo jangan pernah untuk tidak pernah berbagi ya :)

Mungkin Anda Menyukai