Bingung Pilih Pelembab Kulit Berminyak yang Tepat? Ikuti Tips Berikut Ini

Bagi orang yang memiliki wajah berminyak, mencari pelembab wajah menjadi kesulitan tersendiri karena takut akan memicu produksi minyak berlebih. Padahal, tanpa pelembab kulit akan terasa kering dan semakin banyak memproduksi minyak. Untuk itu, Anda harus mencari pelembab kulit berminyak yang tepat agar kulit tidak kering tapi juga tidak terlalu berminyak.

Tips Mencari Pelembab untuk Kulit Berminyak


• Pelembab yang mengandung tabir surya
Ketika mencari pelembab untuk kulit berminyak, sebaiknya cari pelembab yang bisa melindungi kulit dari sinar matahari tapi tidak terlalu menyumbat pori-pori sehingga tidak memicu jerawat. Pilih tabir surya dengan kandungan SPF sesuai dengan kebutuhan aktivitasmu.

Jika lebih banyak beraktivitas di luar ruangan, maka tabir surya dengan SPF 50 bisa jadi pilihan. Bila lebih banyak menghabiskan banyak waktu di dalam ruangan, maka tabir surya dengan SPF 30 sudah bisa melindungi kulit tanpa memicu minyak berlebihan.

• Cek kandungan bahan pelembab
Seperti halnya ketika memilih produk kecantikan lainnya, Anda juga perlu memperhatikan kandungan bahan yang ada di dalam pelembab. Kulit berminyak mudah sekali terlihat kusam sehingga membutuhkan produk pelembab yang bisa membantu proses pergantian sel.

Pelembab yang mengandung parafin, minyak atau cocoa butter sebaiknya dihindari, demikian pula dengan pelembab yang mengandung minyak seperti vitamin E, lanolin atau minyak mineral. Lebih baik memilih produk yang mengandung asam laktat, asam glikolat dan asam salisilat.

• Perhatikan tekstur pelembab
Produk pelembab wajah biasanya memiliki tekstur berupa lotion yang berat. Produk pelembab seperti ini justru akan menyebabkan produksi minyak berlebih pada wajah berminyak. Oleh sebab itu, pilihlah produk pelembab dengan formula krim dan lotion yang ringan.

Produk pelembab dengan formula ringan seperti produk yang berbahan dasar air atau berjenis gel tidak terlalu menutupi pori-pori sehingga tidak memicu produksi minyak. Kulit wajah pun tetap terlindungi dan masih bisa bernapas meskipun hanya diolepkan tipis-tipis.

• Pelembab dengan kandungan asam retinoid
Kulit berminyak juga membutuhkan pelembab di malam hari. Pilihlah pelembab kulit berminyak yang mengandung asam retinoid khusus di malam hari. Pelembab yang mengandung bahan ini mampu mengurangi produksi minyak berlebih dan mengurangi munculnya komedo. Gunakan pelembab ini setelah mencuci muka sebelum tidur agar wajah tidak terlalu mengkilap di keesokan hari.

• Pelembab berlabel non-comodogenic
Produk pelembab berlabel non-comodogenic juga baik untuk kulit wajah berminyak. Pelembab ini mampu melembabkan kulit tanpa memicu penyumbatan pori-pori. Pori-pori yang tersumbat sangat riskan bagi kulit berminyak karena memicu munculnya komedo.

Memilih pelembab untuk kulit berminyak memang cukup membingungkan karena tak semua merek terkenal menyediakannya. Namun, bukan berarti Anda tak bisa mendapatkan pelembab kulit berminyak yang terbaik. Dengan kehati-hatian, Anda pasti bisa menemukan pelembab yang cocok dan tidak membuat kulit wajah jadi ekstra mengkilap.

Biantara Khalifamusta

Berbagi informasi itu indah dan menawan. Soo jangan pernah untuk tidak pernah berbagi ya :)